Primastuti Dewi.R

About Life, Religion, Art, Science, Social, Culture, and More

JAGONGAN WAGEN EDISI MEI 2008

Posted by primastuti dewi on May 29, 2008

 

 

 

Kelompok musik Metafora dibentuk di Yogyakarta oleh sederetan pemusik lintas etnik (budaya) yang memiliki keyakinan tinggi terhadap potensi dan kekuatan budaya lokal Nusantara sebagai mata air inspirasi. Mereka adalah Darman (Perkusi, Vokal/Backing Vokal), Joel Lennon (Acoustic/Electric Guitar, Lute, Vocal/Backing Vocal), Caesar (Drum set, Perkusi, Backing Vokal), Andi Gomez (Piano, Synthisizer, Perkusi, Backing Vokal), Indra Gupta (Bass gitar, Perkusi, Backing Vokal), Aan (Vokal, Perkusi, Backing Vokal), Ucok (Vokal, Biola) dan Hairani (Backing vokal). Keyakinan mereka terhadap tardisi budaya Nusantara tidak hanya sebatas pada wilayah musik, karena bagi mereka aktivitas sosial kultural yang berkembang di masyarakat adalah kolam air yang terbuka untuk diselami dan diinterpretasikan kembali, tentunya dengan semangat pemahaman serta tafsir terhadap relasi dan relevansi mereka sebagai generasi yang hidup pada masa ini.

 Garapan dan sajian musik Metafora kerap kali dinyatakan oleh penikmat dan pemerhati musik sebagai perwujudan komposisi intercultural yang memiliki corak psychedelic rhythm, rock advantgarde, hingga art rock yang dipopulerkan oleh Peter Gabriel bersama Genesis-nya dan Ian Anderson yang terkenal dengan grup musik bernama Yes. Bisa jadi seperti itu, karena beberapa pemusik Metafora cukup akrab dengan musik-musik semacam itu, namun mereka juga memiliki kesadaran cukup tinggi dalam mengapresiasi bermacam bentuk dan aliran musik yang memperkaya referensi maupun teknik (skill) bermusik mereka. Satu hal yang unik dan menjadi bagian dari karakter musik Metafora adalah, komposisi musik dan lagu yang mereka mainkan, digarap berdasar dan terinspirasi oleh idiom-idiom sosial kultural, khususnya bahasa. Dan, pada penggarapan hingga penyajiannya pun, biasanya mereka sajikan tetap dengan menggunakan bahasa tersebut.  

 Dalam proses kreatif pengerjaannya, kelompok musik ini tidak hanya terpaku pada keadaan instrumen apa adanya, syair-syair daerah tertentu ataupun membuat arasemen baru terhadap lagu daerah. Juga tidak sekedar memainkan musik tradisi dengan menggunakan instrumen non tradisi (barat). Karena prinsip utama dan tujuan mereka tidak hendak meng-eksploitasi eksotisme nilai-nilai tradisi atau tradisi itu sendiri. Metafora lebih tertarik untuk mengolah secara musikal nafas yang terdapat di dalam suatu tradisi dan itu dapat mereka rasakan sendiri. Dengan demikian,  terjalin sebuah dialog dan relasi yang juga lebih hangat dan dalam, antara mereka (secara personal dan komunal) dengan tradisi (budaya) tersebut.

 

Pada pementasan di Jagongan Wagen nanti, Metafora akan menyajikan 7 kompisisi musik yang merepresentasikan kekuatan bahasa (intonasi dll) sebagai kekuatan musikal. Yaitu: Tung Alung Alung, Kekeberen ni Pejuang, Perueren, Dansa Gayo, dan Penglime. Kelima komposisi musik tersebut menggunakan bahasa Gayo – Aceh Tengah. Juga akan ditampilkan komposisi yang berjudul Ho Ho Hi He, sebuah istilah (idiom bahasa) khas dari Surabaya (Jawa Timur) dan Zlebar – Zlebor (Makasar – Sulawesi Selatan). Pada komposisi yang berjudul Panglime, Metafora menggarap musik ini dalam sebuah kombinasi permainan irama 5/4 dan 5/8.

 Yayasan Bagong Kussudiardja (YBK) is a non-profit performing arts center in Yogyakarta that advocates the performing arts as a medium for inclusive dialogue and learning in order to stimulate the creativity of artists and the general community. Serving artists and the general public, YBK cultivates learning processes through and about the arts by presenting works of artists, facilitating their professional development, and devising programs that increase community engagement with the arts.

 Address:

Kembaran RT 04/RW 21 Tamantirto

Kec. Kasihan, Kab. Bantul

Yogyakarta – Indonesia

 Tel/fax :  62 – 0274 – 376 394

E-mail :    info@ybk.or.id

Website : www.ybk.or.id

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: