Primastuti Dewi.R

About Life, Religion, Art, Science, Social, Culture, and More

Pertunjukan “Sungsang” – Komunitas Sawo Kecik (Semarang)

Posted by primastuti dewi on July 3, 2008

Pertunjukan “Sungsang” – Komunitas Sawo Kecik (Semarang)

Teater Garasi mengundang Anda pada pementasan

 

Komunitas Sawo Kecik – Seneng Seni

“SUNGSANG”

Studio Teater Garasi

Sabtu, 5 Juli 2008 – Pk: 19.00 WIB

 

 “SUNGSANG”

      Peristiwa 1965 masih meninggalkan banyak tanda tanya dan kemisteriusan bagi semua lapisan bangsa ini. Berbagai pihak saling mengklaim mana sejarah yang paling benar. Namun lebih dari itu, dibalik peristiwa 1965 tersimpan catatan-catatan hitam penguasa pada masa itu. Di mana pada masa itu ribuan orang dihukum dan mati tanpa tahu kesalahan yang mereka perbuat. Ribuan orang menjadi kambing hitam atas kesalahan yang tak pernah dilakukannya. Semuanya menjadi jungkir walik tanpa aturan. Orang-orang yang sepatutnya dipersalahkan justru hidup tenang hingga akhir hayatnya, bahkan dipuja-puja sebagai pahlawan. Sedang orang-orang tanpa dosa harus menerima untuk hidup sebagai kaum yang termarginalkan dan tak memiliki hak sebagai manusia.

      SUNGSANG merupakan visualisasi sejarah bangsa Indonesia. Ditampilkan dalam balutan pementasan yang mempunyai rasa baru,. Melalui pementasan ini, kami  berharap bisa memberikan cerminan terhadap masyarakat.

 

KOMUNITAS SAWO KECIK – SENENG SENI

Komunitas ini secara formal dibentuk pada 2 Juli 2007 di Semarang dengan nama “Komunitas Sawo Kecik – Seneng Seni”.  Sawo Kecik diambil dari kalimat Sarwo Becik yang artinya selalu baik. Dengan nama ini, diharapkan komunitas dan para pegiatnya akan terus berupaya untuk selalu menjadi baik dan terus lebih baik ke depannya. Sementara Seneng Seni diputuskan menjadi slogan komunitas Sawo Kecik dikarenakan komunitas ini lahir atas kecintaan kami terhadap seni, serta kecintaan kami untuk terus berkesenian tanpa memandang usia, jabatan, status, pekerjaan, maupun pendidikan.

Selama satu tahun ini, Komunitas Seni Sawo Kecik  memenangkan juara pertama Festival Teater Cinta Tanah Air 31 Juli 2007 di GOR Brawijaya Surabaya, berpartisipasi dalam Lomba Baca Puisi Nasional Piala Sutardji Calzoum Bachri, 12 – 16 Juli 2007 di Taman Ismail Marzuki.

Salam,

galuhwulan

 


Teater Garasi; Laboratory of Theatre Creations
Jl. Bugisan Selatan No. 36 A
Tegal Kenongo Yogyakarta 55181 Indonesia
Phone/Fax. +62 274 415844
E-mail: garasi@teatergarasi.org
Homepage: www.teatergarasi.org

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: