Primastuti Dewi.R

About Life, Religion, Art, Science, Social, Culture, and More

PEOPLE’S PUPPET PROJECT FOR YOUTH 2008

Posted by primastuti dewi on October 9, 2008

PEOPLE’S PUPPET PROJECT FOR YOUTH 2008

23 Juni s/d 7 Juli 2008

Pada tahun tahun 2007, Yayasan Bagong Kussudiardja (YBK) bekerjasama dengan kelompok teater boneka Snuff Puppets dari Australia menyelenggarakan workshop People’s Puppet Project yang didukung oleh Festival Kesenian Yogyakarta XIX 2007. Workshop yang diikuti oleh 14 seniman lintas bidang seni serta 21 relawan dari komunitas seni dan non seni, berlangsung dengan sangat baik dan sukses dalam 2 minggu pelaksanaannya. Pementasan hasil workshop berupa pertunjukan teater boneka raksasa diselenggarakan di alun-alun utara kraton Yogyakarta pada acara Road to FKY XIX 2007.

Foto: Pementasan People’s Puppet Project Tahun 2007 di alun-alun utara kraton Yogyakarta

● PEOPLE’S PUPPET PROJECT FOR YOUTH 2008 ●

Berangkat dari keberhasilan tersebut, YBK kembali melakukan kerjasama dengan Snuff Puppets untuk merancang dan melaksanakan People’s Puppet Project For Youth yang ditujukan secara khusus kepada remaja tingkat SMP. People’s Puppet Project For Youth yang laksanakan sejak tanggal 23 Juni s/d 7 Juli 2008 mulai pukul 09.00 WIB – 16.00 WIB di Padepokan Seni (rumah budaya YBK) ini, dirancang sebagai:

1. Ruang interaksi dan eksplorasi berbasis seni untuk para remaja.

2. Sarana yang menyediakan :

a) Peluang untuk mengembangkan potensi diri bagi para remaja (kreativitas, kemampuan komunikasi, membangun kerjasama, daya respon, empati).

b) Aktivitas seni yang menyertakan (aktif) para remaja di dalam sebuah proses penciptaan karya seni yang dikerjakan secara komunal dan menyenangkan.

c) Media (seni) untuk menyatakan ekspresi dan identitas diri.

3. Peluang pembelajaran bagi pelaku seni yang terpilih sebagai fasilitator untuk memperkaya pengetahuan dan meningkatkan ketrampilan, dalam merancang dan melaksanakan melaksanakan kegiatan seni yang melibatkan masyarakat (remaja). 8 orang pelaku seni yang terpilih melalui proses seleksi (open application), mengikuti pra-workshop secara khusus selama 3 hari (18 Juni s/d 20 Juni 2008), untuk mempelajari metode yang dikembangkan oleh Snuff Puppets dalam People’s Puppet Project, menambah pengetahuan dan cara untuk menjadi fasilitator pada aktivitas kreatif berbasis seni, serta menyusun rencana dan teknis pelaksanaan workshop untuk para remaja peserta People’s Puppet Project For Youth.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: