Primastuti Dewi.R

About Life, Religion, Art, Science, Social, Culture, and More

How to Exchange PowerPoint File to Flash Movie

Posted by primastuti dewi on March 17, 2010

MENGUBAH FILE POWER POINT KE FLASH MOVIE

Oleh : Primastuti Dewi.R


Kenapa Harus Mengubah Presentasi Powerpoint ke File Flash?



Anda tentu sering membuat file presentasi dengan Microsoft Powerpoint, lalu kalau sudah disimpan dengan format Powerpoint, kenapa harus diubah menjadi format Adobe Flash (dulu
Macromedia Flash)
? Nah,
Berikut adalah alasan mengapa kita perlu mengubahnya :

1) Mudah Diakses

Sekali mengubah presentasi powerpoint ke format adobe flash, berarti presentasi tersebut dapat dibuka HANYA dengan menggunakan program web browser yang ada. Bisa Internet Explorer, Mozilla, Netscape, Safari, Opera, atau lainnya. Karena hampir semua browser telah terpasang Flash plug-in .

2) Kompatibilitas

Dengan hanya menggunakan format adobe flash, berarti setiap orang yang menggunakan sistem operasi seperti Mac, Linux, Solaris, HP, SGI workstations, bahkan PDAs (PocketPCs/Windows Mobile and PalmOS), atau blackberry bisa memanggil file presentasi tersebut. Jadi tidak
ada batasan platform sistem operasi lagi.

3) Mengurangi Ukuran File

Presentasi Powerpoint yang diubah menjadi dokumen Flash relatif berukuran lebih kecil, seringkali bahkan dapat dikurangi lebih dari 10 kali ukuran aslinya.

4) Bisa Bersuara

Dokumen Flash juga dapat digabungkan dengan suara termasuk music dan suara (voice-overs).


5) Resolusi Tampilan

Dokumen Flash dapat dijalankan dengan tanpa harus ditentukan resolusinya. Jadi bisa dijalankan dengan beragam resolusi tampilan.

6) Mudah Disebarkan

Dengan format flash, presentasi mudah di-upload ke segala server, forum, dan grup diskusi. Jadi tidak perlu program powerpoint lagi. Rekan seforum dan diskusi bisa langsung membukanya.

7) Streaming

Format Flash telah menggunakan teknology streaming yang canggih. Jadi untuk melihat presentasi, tidak perlu di download sampai selesai dulu. Bisa langsung menjalankan file sementara proses download berjalan. seperti
file streaming yang ada di youtube .

8) Pengaturan Interaksi

Dokumen Flash memiliki pengaturan sendiri yang telah terpasang seperti menjalankan (playback), berhenti (stop), berhenti sementara (pause) dan mengulang (rewind) presentasi.

9) Mudah dikirim dengan Email

Karena ukurannya kecil, jadi dokumen presentasi tersebut gak bakal memenuhi inbox-nya penerima email.

10) Lebih Aman

Dengan format flash, maka tidak semua orang dengan mudah mengubah isi presentasi kita. Jadi lebih aman kan?

11) Firewall Friendliness

Tidak akan diblok oleh jaringan ber-firewall (kecuali dilarang sama administrator jaringan), karena dokumen format flash ini seperti dokumen html biasa.

12) Mudah Dipindahkan ke Format yang lain

Dengan berformat Flash, maka presentasi tersebut juga dengan mudah dipindahkan ke format CD-ROMs. Bisa dengan mudah ditonton di DVD/VCD Player di rumah.

Mengubah File Power Point ke Falsh Movie dengan format .swf

Satu lagi trik yang sangat bermanfaat dalam mendesain sebuah media pembelajaran yang berbasis presentasi dengan memanfaatkan Microsoft Office Powerpoint, yaitu mengubah file powerpoint menjadi file flash selain mengubah berikut ini pula akan dipaparkan bagaimana meng-insert file flash (swf) ke dalam file powerpoint sehingga menghasilkan desain media pembelajaran berbasis presentasi yang interaktif Hasil ubahan dan insert file swf ini sangat membantu dan menarik perhatian peserta didik untuk tetap eksis mengikuti pembelajaran berbasis presentasi seorang guru, berikut ini trik mengubahnya dan memasukkan file flash ke dalam powerpoint :

  1. Syarat, dikomputer Anda sudah terinstal program iSppring dan Swiff Player (kalau belum silahkan install dengan sebelumnya download iSpring
  2. Buka file Anda yang telah dibuat di powerpoint, jika animasi Anda ingin dijalankan dengan automatis (tanpa menggunakan click atau enter) maka sebaiknya pada efek animasinya (start) tidak menggunakan on clik tetapi lebih disarankan memakai efek animasi-start : after previous
  3. Pastikan bahwa slide animasi yang mau diubah sudah sesuai keinginan Anda dengan cara jalankan (slide show atau tekan F5)
  4. Pilih iSpring (pada addres bar) lalu click Publish, maka muncul kotak dialog
  5. Pada kotak dialog :
    1. presentation title = silahkan ganti nama slide 1 menjadi (sesuai nama file Anda inginkan),
    2. slide range = klik selected slide (1 slide) slide aktif akan dipublish,
    3. options = tidak usah beri tanda centang (silahkan pelajari selanjutnya, jika Anda sudah mahir, maka Anda dengan sendirinya dapat mengerti tiap pilihan pada options)
  6. Tunggu beberapa saat, maka file Anda sudah jadi Flash dan secara otomatis akan dimainkan di Movie Flash, jika file Anda berlogo winamp atau semacamnya maka klik kanan lalu click Open With – Swiff Player (silahkan lihat hasilnya)
  7. Kalau file flash movienya sudah jadi, maka langkah selanjutnya adalah memasukkan file flash movie ke dalam desain presentasi Anda dengan cara Anda sudah di halaman kerja powerpoint klik iSpring pada address bar dan klik Insert Flash, temukan file flash Anda dan open,
  8. Kembali ke halaman powerpoint dan file flash sudah masuk, tetapi ukuran flashnya memenuhi halaman kerja powerpoint, silahkan ubah ukuran dengan klik kanan dan pilih Format Control (ubah ukuran dan posisinya) lalu ok, silahkan jalankan (F5)

Mengubah File Power Point ke Falsh Movie dengan format .exe

Jika file Flash movie yang kita simpan memiliki ekstensi file .Exe, maka file tersebut hanya bias dibuka pada computer yang memiliki software flash movie (dream waver, macromedia flash mx, swish max, dan lain sebagainya). Maka dari itu agar file yang sudah kita buat bias di akses dikomputer manapun, file tersebut harus kita ubah kedalam bentuk file yang berekstensi .exe bagaimana caranya? Berikut langkah langkahnya :

1. Buka file movie anda

2. Maka file anda akan muncul seperti di bawah ini :

3. Klik File > create Projector…

4. Akan muncul tampilan seperti di bawah ini

5.  Klik tombol Save, sekarang file movie anda sudah tersimpan dalam format .exe dan bisa dibuka dikomputer manapun

One Response to “How to Exchange PowerPoint File to Flash Movie”

  1. Joko said

    saya menggunakan power point 2010, saya sudah mencobanya tapi pada video kenapa tidak jalan..ada rekomendasi..?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: