Primastuti Dewi.R

About Life, Religion, Art, Science, Social, Culture, and More

Create your Blog Using WordPress!!

Posted by primastuti dewi on March 17, 2010

MEMBUAT BLOG MENGGUNAKAN WORDPRESS

By : Primastuti Dewi. R

PENGERTIAN BLOG / WEB BLOG

Blog atau weblog adalah catatan pribadi atau bisa disebut dengan diary seseorang di internet. Blog lebih identik dengan sebuah diary atau buku harian online yang diisi secara terus-menerus secara priodik. Perbedaan mendasar adalah bahwa blog bisa dibaca siapa aja. banyak blog yang fokus terhadap satu objek informasi, misalnya politik, web design, olah raga dll. Tapi kebanyakan blog itu lebih seperti jurnal pribadi yang berisi informasi perjalanan dan kehidupan sehari-hari sang penulis dan apa yang sedang ada dalam pemikirannya. Blog juga bias dijadikan sarana Pembelajaran online yang efektif.

beberapa ciri blog :

  • isi utama biasanya berupa informasi yang bersifat kronologis, dan terbagi menjadi beberapa
  • kategori
  • terdapat arsip untuk berita atau informasi lama
  • ada tempat buat orang lain meninggalkan pesan atau memberi komentarbiasanya terdapat link ke web/blog favorit atau yang sering dikujungi, biasanya disebut blogroll dan beberapa fasilitas lainnya, namun sebagian besar blog/weblog memiliki fasilitas seperti disebut diatas.

Membuat blog tidak harus punya domain atau hosting, karena saat ini banyak sekali penyedia layanan untuk pembuatan blog secara gratis, misalnya blogger, pitas, blopgdrive,wordpress. dll. persyaratannya juga gampang, tidak harus mengerti bahasa pemrograman atau web design untuk punya blog, karena sudah disediakan template yang bisa dipilih dan diubah. Apakah butuh keahlian Komputer? Tergantung. Menurut saya, jika Anda bisa mengisi formulir isian di komputer, berarti Anda bisa membuatnya. Tapi jika Anda ingin bermain dengan design halaman, menggalinya lebih dalam ke kode, membuat situs Anda berputar, salto berdiri dengan satu tangan, atau apa saja, maka Anda bisa melakukannya sesuai kemampuan teknis yang Anda miliki. Mungkin akan membingungkan pada awalnya, dengan kata baru, dengan konsep baru, tapi setelah mengerti kata-kata tersebut, setelah cukup nyaman dengan aneka tombol yang ada, maka semuanya terserah Anda. Membuat situs blog pribadi membutuhkan skill yang sedikit. Tapi ia akan membutuhkan banyak keahlian untuk memeliharanya.

PERSYARATAN MEMBUAT BLOG

● E-MAIL

Sebelum membuat blog kita harus mempunyai account E-mail yang aktif, bisa dari Yahoo.com, Telkom.net, Plasa.com, Hotmail, Gmail.com dan lain-lain. Bila belum punya Email, silahkan mendaftar terlebih dahulu.

● KONEKSI INTERNET

Untuk membuat blog dibutuhkan koneksi internet, bisa dikerjakan di rumah sendiri, di kantor pada saat jam istirahat atau di warnet terdekat dengan menggunakan layanan internet telkomnet instan, speedy dan lain-lain.

LANGKAH-LANGKAH MEMBUAT SITUS BLOG WORDPRESS.COM

WordPress adalah perangkat lunak blog yang paling banyak digunakan. WordPress sangat mudah untuk digunakan dan memiliki fitur yang cukup lengkap saat ini.WordPress.com, yaitu layanan situs blog berbasis WordPress. Pengguna situs dapat melakukan pendaftaran dan dapat langsung memiliki situs tanpa perlu berurusan dengan hal-hal teknis yang berhubungan dengan bahasa pemrograman web.

Berikut adalah langkah-langkah registrasinya:

  1. Buka web browser favorit Anda (Mozilla Firefox atau IE), arahkan URL ke http://wordpress.com
    untuk bahasa inggris atau http://id.wordpress.com
    untuk bahasa Indonesia.

2. Setelah Anda berada pada halaman wordpress Indonesia, pilih menu Daftar Sekarang, sehingga akan ditampilkan form isian yang harus Anda isikan

  • Nama Pengguna: minimal 4 karakter, dapat terdiri dari huruf dan angka. Nama pengguna ini nantinya dapat menjadi nama situs Anda.
  • Alamat email: Masukkan alamat email Anda, password dan aktivasi wordpress Anda akan dikirimkan ke alamat email ini.
  • Bacalah persyaratan layanan yang diberikan oleh wordpress (atau Anda dapat melewati hal ini) dengan memberikan tanda check pada pilihan Saya telah membaca dan setuju kepada persyaratan layanan yang memukau.
  • Selanjutnya pilih Berikan aku blog! (Seperti nama-pengguna.wordpress.com) dan tekan button Berikutnya>>


3. Jika nama pengguna belum pernah digunakan, maka Anda tidak akan menjumpai pesan error, sehingga Anda dapat melanjutkan dengan form berikut ini:

Masukkan informasi yang dibutuhkan:

  • Domain blog: jika Anda tetap menggunakan Nama Pengguna sebagai domain blog Anda, jangan merubah nama yang direkomendasikan wordpress. Selanjutnya format alamat situs Anda akan menjadi http://nama-pengguna.wordpress.com.
  • Judul Blog: tuliskan judul situs Blog Anda, judul ini dapat dirubah setelah Anda login ke situs.
  • Bahasa: pilih id-Bahasa Indonesia, bahasa ini akan digunakan saat kita menulis isi situs blog.
  • Pilihan Pribadi: beri tanda check pada pilihan Saya ingin blog ini tampak di mesin pencari seperti Google dan Technorati, dan di daftar publik milik wordpress.com. Anda memerlukan hal ini agar orang lain yang berselancar di internet dapat menemukan situs Anda dengan menggunakan search engine (mesin pencari) Google. Setelah itu tekan button Daftar/sign up>>
  • selanjutnya anda akan diminta untuk mengecek email anda, karena wordpress telah mengirimkan link aktifasi untuk account anda di wordpress.



Gambar link verification


aktifasi email.

account wordpress


Halaman utama WordPress

Setelah itu tekan My Dashboard untuk masuk kedalam pengaturan wordpress lihat gambar di bawah ini



Halaman mydashboard.


Halaman Depan Blog anda

NAVIGASI SITUS BLOG WORDPRESS.COM

Secara default, halaman Home merupakan pengantar tulisan pertama situs Anda. Kita dapat menghapus atau mengedit tulisan ini hanya dalam beberapa menit. Tetapi untuk sementara biarkan saja, karena kita akan melihat keseluruhan situs kita. Sebuah judul tulisan biasanya berupa links yang dapat di-klik untuk melihat keseluruhan isi dan komentar yang ada.

Bar navigasi dari themes default terdiri dari Halaman, Arsip, Kategori, Blogroll (links ke situs lain), dan Meta. Berikut penjelasan masing-masing:

  1. Halaman

    Links pada Halaman biasanya merupakan links statis untuk halaman yang Anda buat.

  2. Arsip

    Links pada Arsip merupakan kumpulan tulisan berdasarkan kurun waktu (per bulan).

  3. Kategori

    Links pada Kategori merupakan pengorganisasian tulisan berdasar kategori tertentu. Sebelum membuat tulisan, sebaiknya Anda membuat kategori tersebut. Selain akan mempermudah kita dalam membuat tulisan, juga akan mempermudah pengunjung untuk memilah-milah artikel yang akan dibacanya.

  4. Blogroll

    Links pada Blogroll merupakan daftar situs yang Anda tambahkan sebagai favorit Anda. Anda juga dapat membuat daftar situs blog rekan-rekan Anda melalui menu ini.

  5. Meta

    Dalam links Meta ini terdapat links untuk login ke Administrasi Area dari situs kita. Terdapat juga links ke WordPress, XFN, XHTML, RSS. Anda selanjutnya dapat menambahkan fungsi navigasi ini dengan menggunakan widget yang terdapat dalam menu Tampilan. Widget ini sesuai dengan tema (theme) yang nantinya Anda gunakan. Tidak semua theme mendukung widget. Jadi pilihlah theme yang memiliki dukungan widget agar mempermudah Anda dalam menampilkan menu navigasi di situs blog Anda.

Selain bar navigasi di atas, pada situs blog biasanya terdapat links untuk RSS (Entri RSS dan Comments RSS), links edit (jika Anda dalam posisi login), jumlah komentar, dsb. Entri RSS dan Comments RSS merupakan cara bagi pengunjung untuk berlangganan informasi dari situs blog Anda.

MENDESIGN SITUS BLOG WORDPRESS.COM

Mengganti Tampilan/Tema Situs

Pilihlah selalu Tema situs yang mendukung fungsi Widget.

Langkah-langkahnya:

  1. Pilih menu Tampilan, kemudian bagian Tema. Akan terlihat, Tema saat ini yang merupakan tampilan untuk situs yang Anda gunakan.
  2. Untuk mengganti, lihat pada bagian Tema yang Tersedia. Dalam bagian tersebut terdapatberbagai tema yang dapat Anda pilih sesuai dengan selera dan visi situs Anda. Pilih salah satudengan klik pada tema pilihan Anda lalu klik aktifkan.


Halaman tampilan theme.

3. klik lihat situs

Sesaat Anda sudah dapat melihat tampilan baru situs blog Anda.

MENGATUR MENU WIDGET SITUS / MENGELOLA SIDEBAR

Untuk mengatur menu navigasi pada situs blog Anda, dapat dilakukan menggunakan menu Widget yang merupakan sub-menu dari bagian Tampilan. Ada berbagai macam Widget yang tersedia, diantaranya yang paling sering digunakan adalah: Categories, Halaman, Tulisan Terbaru, Tautan, Arsip, Meta, komentar Terbaru, dan Statistik Blog.

Langkah-langkahnya:

  1. Pilih menu Tampilan, kemudian pilih Widget. Akan terlihat dua buah bagian, yaitu Kolom Sisi dan Widget yang Tersedia. Kolom sisi inilah yang menjadi menu navigasi pada situs blog Anda.


halaman widget

Anda dapat menambahkan Widget yang lainnya untuk ditambahkan pada Kolom Sisi dengan cara drag n drop pada bagian Widget yang Tersedia ke bagian Kolom Sisi. Demikian juga sebaliknya jika Anda akan menghapus menu navigasi tertentu, Anda hanya perlu drag n drop dari bagian Kolom Sisi ke Widget yang Tersedia.

Komponen / widget yang cukup penting untuk ditampilkan adalah arsip, kategori, tautan, tulisan teratas, kalender, cari, tulisan terbaru, statistik, meta, komentar terakhir dsb.


Halaman kolom sisi.

MENGELOLA KATEGORI

FUNGSI KATEGORI DAN TAG

Fungsi kategori adalah untuk kategorisasi atau pengelompokan artikel / posting yg kita tulis. Memang kalau tulisan di blog masih sedikit, masih belum terasa manfaatnya. Tapi kalau artikel yang kita tulis sudah puluhan, ratusan atau bahkan ribuan, kategori menjadi keharusan. Kategori mempermudah kita untuk mencari tulisan yang kita inginkan. Contoh, untuk kumpulan artikel saya yang dimuat di wordpress.com saya beri kategori “Kesehatan” maka saya cukup mengklik kategori “Kesehatan” setiap saya memerlukan salah satu tulisan itu. Search engine wordpress juga akan lebih efektif kalau di setiap artikel kita beri kategori yang sesuai.

Fungsi kedua dari kategori adalah mempertajam SEO (search engine optimization) tulisan kita.Sebuah blog yang baru dibuat biasanya tidak langsung dikenal oleh Google.com. Tapi dengan bantuan kategori, tulisan kita akan masuk Google.com walaupun blog kita belom masuk. Hal ini bias terjadi, karena link kategori tersebut sudah dikenal baik oleh google. Contoh, di artikel yang kita tulis, kita pasang kategori “tutorial blogger” atau “tutorial blog”, maka artikel kita akan masuk dan “dikelompokkan” pada link wordpress bersamaan dengan artikel-artikel lain dengan kategori yang sama.

Oleh karena itulah, mengapa terkadang banyak blogger pengguna wordpress yang dalam satu artikel menggunakan atau memanfaatkan kategori sebanyak-banyaknya–kadang tak berkaitan dengan isi–dengan tujuan supaya semakin sering “dilirik” Google dan mesin pencari lain.

Fungsi Tag

Tag juga tak begitu berbeda dengan kategori. Berfungsi untuk pengelompokan artikel. Konon, sekarang banyak search engine yang mendata setiap artikel yang masuk berdasarkan isi tag atau kategorinya. Kelebihan tag dibanding kategori adalah ia lebih fleksibel. Kita bisa menambah tag di kotak yang tersedia di bawah kotak posting tanpa meninggalkan jejak di barisan kategori di sebelah kanan posting. Jadi, untuk kategori buatlah seperlunya. Yang sesuai dengan isi tulisan. Untuk tag, bolehlah kita isi yang agak “ramai.”

Membuat Kategori

Secara default, wordpress.com hanya memiliki satu kategori, yaitu Uncategorized. Kategori merupakan sebuah cara untuk mengorganisasikan tulisan/artikel berdasarkan topik bahasannya. Sebuah hal yang sangat baik adalah membuat kategori dulu sebelum Anda memulai menuliskan artikel atau tulisan. Sesuaikan kategori tersebut dengan visi dari situs Anda. Usahakan nama kategori tersebut sudah menjadi istilah yang umum dan sesuai dengan topik artikel/tulisan yang Anda buat nantinya. Meski Anda membuatnya saat ini, Anda dapat juga membuat kategori baru atau merubah kategori setelah menuliskan artikel/tulisan Anda.


Halaman kategori

Langkah-langkahnya:

  1. Untuk memulai membuat kategori, pilih menu Tulisan, dan pilih Kategori.
  2. Ketikkan kategori tersebut. Jangan membuat nama kategori yang terlalu panjang.
  3. Buatlah beberapa kategori pada saat awal Anda membuat situs. Dan jika ada kategori yang merupakan anak dari kategori yang sudah Anda buat sebelumnya, maka pada bagian Induk Kategori Anda harus memilih kategori tersebut.

Catatan:

Menghapus suatu kategori tidak menghapus tulisan dan tautan pada kategori tersebut. Sebaliknya tulisan yang hanya dimasukkan pada kategori yang dihapus tersebut akan dimasukkan pada kategori Uncategorized dan tautan yang hanya dimasukkan pada kategori yang dihapus akan dimasukkan ke Blogroll (Daftar Blog).

Membuat Sub Kategori

Selain membuat kategori induk kita juga bisa membuat sub kategori yang kita inginkan. Sebelumnya kita buat terlebih dahulu kategori induknya misalnya kategori kesehatan lalu kita tinggal membuat sub kategorinya misalnya pengobatan alternatif, jangan lupa klik tambah kategori

Cara membuat Tag

Caranya, pada saat posting, isi kotak yang berada tepat di bawahnya kotak posting dengan tag yang diinginkan.


membuat sub kategori

KONFIGURASI PROFIL SITUS BLOG WORDPRESS.COM

Merubah Password

1 . Untuk merubah password user Anda, dari Administrasi Area pilih Pengguna. Sehingga akan muncul profil anda.




halaman profil pengguna

MERUBAH INFORMASI LAIN DI MENU USER

Beberapa yang dapat Anda masukkan dalam informasi profil adalah Foto, Pilihan Bahasa Antar Muka,

Nama, Info Kontak, Password.

  1. Anda tidak dapat mengganti Nama Pengguna (username). Tetapi Anda dapat mengganti nama alias (nickname). Nama inilah yang ditampilkan pada setiap artikel/tulisan yang Anda buat. Dari Menu Pengguna,pilih sub-menu Profil Anda.
  2. Nama Depan dan Nama Belakang ditampilkan ketika seseorang meng-klik nama Anda untuk melihat profil Anda.
  3. Tentang Dirimu. Merupakan informasi singkat tentang profil Anda, berupa biografi singkat. Tidak akan ditampilkan pada halaman situs blog.
  4. Alamat email tidak akan ditampilkan di situs blog Anda, tetapi akan digunakan untuk kontak ke situs Anda. Termasuk pemberitahuan jika ada komentar baru yang masuk di situs.
  5. Menggunakan visual editor untuk editing artikel/tulisan. Gunakan pilihan ini, sehingga akan mempermudah Anda dalam mengatur tata letak, format, dan sebagainya. Editor ini mirip dengan program pengolah kata yang sangat membantu penulisan (WYISWYG).

MEMBUAT ISI ARTIKEL DAN HALAMAN

MEMBUAT ARTIKEL/TULISAN

Bagian sebelah kiri dari menu Tulis merupakan tempat untuk menuliskan artikel/tulisan Anda. WordPress menyediakan pemformatan tulisan dengan HTML dasar tanpa Anda harus mengerti bahasa HTML. Di sini digunakan menu seperti program pengolah kata (ex.: Microsoft Word) yang disebut sebagai Editor Tinymce. Sedangkan pada bagian sebelah kanan merupakan properties dari Tulisan yang Anda buat.

Langkah – langkahnya

  1. Untuk memulai klik menu Tulis -> add new / tambahkan baru.
  2. Masukkan judul artikelnya pada bagian Judul.
  3. Pada bagian Tulisan, tuliskan artikel Anda, untuk format dan bentuknya gunakan Editor yang berupa icon pada bagian atas Form Tulisan. Anda juga dapat mengambil artikel yang sudah Anda tulis melalui program pengolah kata lain dan mem-paste-kan di sini.
  4. Jika Anda ingin menambahkan gambar pada Tulisan, Anda harus meng-upload (unggah) file gambar yang sudah Anda persiapkan sebelumnya. Petunjuknya pada pembahasan setelah ini dan pada saat Pelatihan.
  5. Pada bagian kanan Tulisan, terdapat properties dari Tulisan tersebut. Diantaranya adalah Kategori, Diskusi, Kata Sandi Tulisan, Waktu Tulisan, Status Tulisan, dsb. Klik pada bagian yang bertanda +/- untuk melihat item-item yang disediakan. Jangan lupa untuk selalu menambahkan/memilih kategori dari setiap Tulisan. Untuk satu Tulisan, Anda dapat memilih lebih dari satu kategori.
  6. Pada bagian Slug-Tulisan (Alamat Tulisan), di sini merupakan URL untuk judul Tulisan/Artikel yang Anda buat.
  7. Klik Simpan dan teruskan sunting jika Anda masih akan melanjutkan menambahkan Tulisan. Klik Terbitkan atau Rubah pada bagian Status Tulisan dengan pilihan Terbitkan jika Anda akan mempublikasikan Tulisan tersebut.


Halaman posting artikel.

MENAMBAH FILE ARTIKEL UNTUK DI-DOWNLOAD

WordPress menyediakan suatu tempat khusus bagi para usernya untuk dapat menyimpan file baik berupa gambar, audio maupun video di blog sehingga dapat didownload oleh pengguna. Langkahnya klik My Dashboard >media > add new / tambahkan baru.

Tuliskan judul file dan isikan pengantar yang menjelaskan bahwa materi dapat di download pada file yang disertakan pada file terpisah.


Halaman upload File

Geser layar ke bagian bawah sehingga nampak menu untuk Upload/Unggah. Untuk meng-upload file yang telah kita siapkan, klik tombol Browse / pilih berkas. Akan tampil menu untuk memilih file. Pilih file yang akan kita pasang di blog (pada contoh ini namafile-nya adalah mengetik.pdf) kemudian klik Open


open dialog box

Beri Judul untuk link (yang akan tampil di artikel). Klik tombol Upload/Unggah. Pastikan kursor berada pada posisi yang tepat di form pengeditan tulisan (biasanya posisi paling bawah).


Halaman properties dari file yang telah diupload

CARA MEMBUAT CONTACT FORM

Contact form merupakan salah satu layanan dari wordpress dengan menggunakan sebuah kode yang harus dituliskan di dalam pembuatannya. Masukkan kode dipostingannya [ contact-form ]


Membuat contact form

Demikian panduan singkat mengenai bagaimana membuat web blog, ada banyak tutorial lain yang dengan mudah dapat kita temukan di interenet. Halaman blog juga dapat kita desain dan percantik sendiri, menggunakan berbagai metode yang disediakan gratis di internet.


2 Responses to “Create your Blog Using WordPress!!”

  1. john said

    sangat menarik
    terima kasih atas share nya

  2. wahh sipp lengkap info nya thanks ya:)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: