Primastuti Dewi.R

About Life, Religion, Art, Science, Social, Culture, and More

Belajar sebagai seorang dewasa

Posted by primastuti dewi on June 21, 2010

Mengikuti pendidikan tinggi terasa seperti suatu budaya asing untukmu?

Anda mempunyai harapan pada waktu mendaftar dan masuk kelas, sebagaimana kerja melalui program Anda di pendidikan tinggi.

Pendidikan tinggi juga ada harapan darimu!
Pendidikan tinggi mempunyai peraturannya sendiri, pola, dan budaya. Ada perbedaan-perbedaan penting antara sekolah swasta dan sekolah umum, pendidikan tinggi swasta dan universitas negeri, institusi seni liberal dan institusi (lembaga) penelitian, sekolah-sekolah tamatan, dll.

Konsep kunci pendidikan tinggi
termasuk disiplin/departemen, bea-siswa, penelitian, orientasi lisan, masa jabatan, kerekanan, kebebasan akademik, dll.
Luangkan waktu untuk memahami budaya pendidikan tinggi.

Kelompok-kelompok penting termasuk fakutas dan mahasiswa,
pegawai administrasi dan pimipinan, alumni, dan bahkan kelompok masyarakat dan para legislator. Mereka semua termasuk sumber yang penting. Begitu juga staf berada di sana untuk membantu Anda, dan menunggu Anda mengajukan sesuatu, itulah tugas mereka dan pemusatan akan membantu Anda untuk berhasil.

Apakah Anda takjub dengan ketrampilan Anda menemukan cara Anda sekitar bidang pendidikan tinggi yang asing ini ?

Sebagai pelajar dewasa, Anda:

?         Cenderung menjadi mandiri

?         Memiliki wadah dengan kekayaan pengalaman yang  dapat membantu Anda sebagai sumber untuk belajar.

?         Seringkali dipengaruhi oleh kebutuhan Anda untuk mengetahui atau melakukan sesuatu.

?         Cenderung memiliki suatu kehidupan-, tugas-, atau pemusatan-masalah orientasi belajar, sebagai lawan orientasi suatu hal.

?         Pada umumnya mendorong belajar secara (mendalam/hakiki) sebagai lawan menjadi kewajiban atau subyek ke arah hal yang di luar atau kekuatan ekstrinsik.

Disadur dari
Imel, Susan, Pedoman kerja pelajar dewasa.
ERIC Digest No. 154 ERIC Identifier: ED377313, 1994-00-00

Pelajar dewasa, ketika mereka kembali, dan melanjutkan pendidikan mereka, sering mereka mempertanyakan dan menilai kembali asumsi asli dan motivasi sebagaimana mereka menggunakan pendidikan untuk menciptakan kembali kehidupan mereka.

Sebagaimana pada umumnya, pelajaran Anda akan berhasil kalau Anda

?         Melakukan peran aktif
di dalam perencanaan, pengawasan, dan penilaian pendidikan Anda

?         Menghilangkan dugaan-dugaan pertimbangan
tentang apakah pendidikan itu  membuka pikiranmu ke arah pengalaman tertentu

?         Pilihlah subyek dan kursus-kursus yang relevan dengan pekerjaan dan profesi Anda atau kehidupan pribadi yang memperkuat program akademik Anda.

Deskripsi Kursus penting pelajar dewasa

Hasil/Keluaran Proses Isi
Bagikan tanggung jawab untuk mempelajari tujuan/sasaran

Kelancaran perundingan, atau terbuka untuk perundingan kembali

Bukan petunjuk; terbuka untuk perubahan

Proses penilaian

Motivasi intrinsik

Padukan berpikir dan belajar

Lebih baik pemusatan masalah daripada orientasi isi

Saling menghargai permintaan dan hak pelajar

Menggabungkan, mengembangkan dialog & terbuka

Kenali nilai pengalaman sebagai sumbangan belajar

Termasuk proyek-proyek/atau belajar aktif (sebagai imbangan pada perkuliahan dan/atau belajar pasif)

Monitor tetap terpasang untuk umpan balik dan penilaian

Terapkan belajar ke penggunaan praktis

Pemusatan issue kurikulum

Penggandaan/berbagai sumber informasi

Berbagai bentuk

Disadur dari:
Penjelajahan Proses Belajar & Instruksi:
Teori Data Dasar Praktis  (TIP)
; Andragogy (M. Knowles)

Strategi berguna di dalam suatu program belajar:

Tuliskan tujuan-tujuan Anda dan kesepakatan perkirakan waktu.
Hal ini sangat membantu untuk menghindarkan ketegangan dan beban berlebihan atas diri Anda.
Mengacu pada pedoman untuk menetapkan tujuan/membuat jadwal

Buatlah laporan yang baik dengan instruktur/professor-profesor di dalam kelas Anda.
Hal ini membantu di dalam perundingan pemilihan proyek belajar yang mempunyai relevansi dengan situasi dan tujuan.
Mengacu pada pedoman untuk mempengaruhi guru.

Mengembangkan kesadaran bagaimana Anda belajar, atau mempelajari hal yang baik di masa lalu;
Hal ini akan membantu Anda untuk mengkonsentrasikan energi Anda dengan cara yang produktif, dan mengingatkan Anda pada  bidang-bidang  di mana Anda memerlukan bantuan.
(misalnya,berbicara, menulis, matematika, ujian, dll)

Cara belajar Anda menunjukkan bagaimana proses Anda belajar  dan memperoleh informasi dan tidak ada lain yang dapat dilakukan untuk menjadi ?pintar?. Anda akan mengacu pada bagaimana pikiran Anda, atau bagian dari pikiran Anda berfungsi. Setiap orang mempunyai cara belajar yang sangat khusus. Penelitian telah menunjukkan banyak sifat khas pelajar dan cara untuk membuktikannya.

Pusat bimbingan akademik atau pusat belajar ketrampilan
adalah tempat yang tepat untuk belajar. Semua itu bukan hanya mempunyai alat uji untuk membantu Anda, tetapi juga professional untuk menginterpretasi dan menerapkan hasil.

Web sites cara belajar Penilaian-Diri:

?         Survai  Cara Belajar DVC untuk Pendidikan Tinggi
mempunyai pengantar yang baik, dengan empat kategori cara (visual/lisan); visual non-lisan, teraba/ilmu gerak; dengar/lisan), dan  web dasar penilaian diri. Hasil/angka didasarkan pada 32 pertanyaan.

?         Daftar Tanya – Indeks Cara Belajar (Felder/Silverman)
pengantar, belajar pilihan dari empat dimensi (aktif/reflektif, pengertian/kata hati, visual/lisan, urutan/keseluruhan); dan alat penilaian-diri memberikan angka sendiri. Hasil/angka didasarkan pada 44 pertanyaan..

?         Tipe Indikator Cara belajar yang berhasil (Pelley)
didasarkan pada tipe indicator  Myers Briggs (versi tambahan, mementingkan diri, pengertian, kata hati, pemikiran, perasaan, pertimbangan, merasa). Pengantar dan  sambungan-sambungan  bertalian dengan tipe indikator  Myers Briggs. Hasil/angka didasarkan pada 28 pertanyaan.

?         Belajar ketidakmampuan sumber masyarakat
alat penilaian-diri didasarkan pada karya  Howard Gardner’s  pada intelegensia ganda (linguistik, matematika, visual/ruang, badan/ilmu gerak, naturalistik, musik, antar manusia, inter-manusia). Hasil/angka didasarkan pada 80 pertanyaan.

Sumber belajar di Pendidikan Tinggi:

Pusat Bimbingan Akademik
Pusat Belajar (Latihan)
Pusat Penulisan

Pusat Studi Ketrampilan dan/atau Membaca
Pusat Multi-budaya/Budaya
Pusat Studi Wanita
Kantor Dekan dan Pelayanan Akademik
Kantor Ketua Mahasiswa dan Pelayanan
Pimpinan Departemen
Instruktur/professor perkuliahan yang Anda pilih

One Response to “Belajar sebagai seorang dewasa”

  1. thanks for posting, I really enjoy it, I can learn a lot from this.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: